Selamat Datang di Portal Pendidikan

Dapodikdas dan Dapodikmen Dilebur Menjadi Dapodikdasmen

Dapodikdas dan Dapodikmen Dilebur Menjadi Dapodikdasmen - Dapodikdas dan Dapodikmen adalah aplikasi Kemdikbud yang sangat berpengaruh terhadap berjalannya kegiatan dalam suatu sekolah, karena dengan aplikasi ini bantuan BOS yang jumlahnya berasal dari jumlah siswa disalurkan ke Sekolah. Semua sarana prasana seperti bantuan DAK serta Tunjangan Sertifikasi Guru berasal dari aplikasi ini. Sedangkn admin kab/kota hanya melakukan verifikasi data BOS yang sudah ada sebelumnya dari Dapodik.
Baca juga :  Juknis DAK Bidang Pendidikan Tahun 2015 Bagi SD, SMP, SMA dan Sederajat

Dapodikdas adalah Aplikasi penjaringan untuk jenjang SD/SMP/Sederajat, sedangkan Dapodikmen untuk jenjang SMA/SMK/Sederajat. Sebenarnya 2 aplikasi ini fungsinya sama, yaitu untuk mengolah data sekolah yang kemudian dikirim ke Pusat melalui proses sinkronisasi. Pada Bimtek TOT angkatan ke tiga di bekasi, muncul wacana penggabungan atau integrasi Dapodikdas dan Dapodikmen untuk menjadi satu aplikasi saja DAPODIKDASMEN

wimaogawa.blogspot.com
Berikut adalah beberapa informasi hasil dari Bimtek Training Of Trainer Dapodik :
  • Pada tahun 2015, semua data akan saling berkolerasi dengan Dapodikdas diantaranya NISN, NPSN, Data UN, KIP (Kartu Indonesia Pintar), Bantuan Operasional Sekolah. Data-data tersebut terambil dari hasil sinkronisasi data masing-masing sekolah.
  • Kemendibud menegaskan kembali, bahwa hanya satu sistem pendataan yang digunakan untuk kepentingan pendataan sekolah ( Sekolah, PTK, Siswa dan Sarpras ) di lingkungan Kementerian Pendidikan Dasar yaitu sistem pendataan Dapodik, dan rencananya Dapodikdas dan Dapodikmen akan dilebur menjadi satu yaitu, Dapodikdasmen.
  • P2TK Dikdas mengambil sumber data untuk penyaluran tunjangan ( termasuk Inpassing) murni dari Dapodik, tidak ada sistem pengumpulan data lainnya. Selengkapnya bisa dilihat di laman P2TK DIKDAS
Terkait dengan BSM, Sekolah WAJIB mendata kembali siswa yang mempunyai kartu BSM/KIP karena ini sangat berpengaruh, dan akan menjadi kunci untuk Pusat dan menjadi Nomor Registrasi BSM/KIP. Proses penyempurnaan data Dapodik pun terus dilakukan, diantaranya dengan cara melakukan integrasi beberapa progam yang akan diintegrasikan dalam Dapodik. Diantaranya:
  1. NISN & NPSN, 
  2. Ujian Nasional,
  3. KIP (KARTU INDONESIA PINTAR), 
  4. SIM & Aneka Tunjangan guru, 
  5. Bantuan Operasional Sekolah, 
  6. STATISTIK & SPM
Demikian informasi terkait peleburan Dapodikdas dan Dapodikmen Menjadi Dapodikdasmen. semoga bermanfaat.
Share this post :

Post a Comment

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. Area Satu Data - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger